Selasa, 14 Januari 2014

Objek Wisata Bali


Bali memiliki objek wisata yang sangat beragam, baik wisata alam, wisata budaya, dan wisata bahari. Di Bali terdapat sekitar 54 lokasi objek wisata yang tersebar di delapan kabupatennya.
Di kabupaten buleleng terdapat pantai lovina, makam jayaparna, air panas banyuwedang, lingkungan pura pulaki, pantai kalibukbuk, air saneh  dll. Kota denpasar merupakan ibu kota provinsi Bali yang memiliki beberapa daerah tujuan wisata, seperti bangunan kuno dangen arsitektur Bali. Kota ini memiliki beberapa museum yang menarik, pusat kesenian dan berbagai pusat perbelanjaan. Sebagai kota tujuan wisata, wisatawan dapat menikmati dan mempelajari tentang berbagai atraksi budaya yang terdapat di Denpasar mulai dari puri pemecutan, puri satria dan kesiman, kemudian mengunjungi pura tertua dan terbaru di kota ini.

Keunggulan bali sebagai daerah tujuan wisata
Bali dan pariwisata tidak dapat di pisahkan. Sebagai daerah tujuan wisata utama, kekayaan dan keindahan alam, serta ke unikan seni budaya menjadi daya tarik utama bali tidak hanya terkenaldi dalam negeri saja tetapi juga di luar negeri juga. Bali ini memiliki juga julukan pulau dewata karena memiliki kekhasan yang di pengerahui oleh agama hindu.
Oleh karena itu, sector pariwisata menjadi andalan bukan hanyha oleh pemerintah daerah saja, tetapi juga seluruh lapisan masyarakat nya banyak berharap dari sector jasa ini. Factor yang menyebabkan bali menjadi daerah tujuan wisata andalan di Indonesia, kerena memiliki kekhasan pada objek wisatanya, baik wisata alam maupun budaya. Selain itu, di dukung jugaoleh sarana dan prasarana pariwisata yang lengkap.

1.    Keunggulan objek wisata
Bali memiliki alam yang indah dan beranekaragam, dari mulai laut, sungai, danau, gunung, dan lautan. semua ini adalah objek wisata yang sangat potensial. Objek wisata di bali yang sangat menarik adalah pantai.
Bali sangat terkenal dengan keindahan pantainya, contoh pantai kuta yang merupan objek wisata sangat terkenal. Dengan garis pantai yang indah dan pada sore hari pemandangan saat matahari terbenam. Kawasan pantai lainnya adalah pantai sanur merupakan tampat bagi wisatawan yang dating kebali untuk mencari sea, sand, and sun. Tanjung benoa di sebelah utara kawasan nusa dua adalah tempat yang menyenangkan untuk melakukan beraneka ragam dan rekreasi air.seperti snorkeling,parasaling, diving, berlayar,surfing dll.
Objek wisata yang menarik lainnya adalah ke indahan panorama gunung batur dan danau batur yang terletak di kecamatan kintamani kabupaten bangli.  Di objek wisata ini juga kita bisa melakukan kegiatan hiking dan fotografi di karenakan pemandangannya yang sangat indah. Selain itu, di sebelah barat danau batur terdapat tempat wisata lainnya, yaitu bedugul yang memiliki kawah dan pepohonan yang hijau. Bedugul adalah objek wisata yang memiliki ketinggian antara 1,200-1.4500 meter di atas permukaan laut.

2.   Keunggulan Objek Budaya
Objek wisata yang tidak kalah menarik adalah objek wisata budaya masyarakatnya. Kehidupan masyarakat bali sangat erat dengan agama hindunya sehingga setiap upacara keagamaan merupakan objek wisata yang sangat khas.  Pura merupakan tempat ibadah orang hindu yang menarik tersebar di seluruh pelosok bali. Oleh karena itu juga bali di juluki palau seribu pura.di antaranya pura yang menarik yaitu pura baskih, pura tanah lot, dan pura uluwatu.
Pura baskih merupakan pura terbesar dan terpenting di bali yang terletak di lereng gunung agung yang ada di ke tinggian 1000 m di atas permukaan laut. Di dalam komplek pura basakih terdapat 23 pura yang terpisah pisah namun saling berhubungan. Mengunjungi pulau basakih pada saat di selenggarakan nya suatu acara perayaan agama hindu adalah sangat menyenangkan dimana ratusan bahkan ribuan pemeluk agama hindu menggunakan pakaian yang sangat indah serta membawa berbagai aneka sesajian.
Objek wisata Tanah lot adalah salah satu tempat wisata yang terkenal di bali, disini terdapat sebuah pura yang terdapat pada pulau karang kecil yang menjadi kan tempat yang paling sering untuk di jadikan objek photografi. Banyak sekali wisatawan yang datang ke tempat ini khusus pada saat menjelang matahari terbenam kerena suasana dan pemandangannya sangat indah.
Sebagai daerah tujuan utama di Indonesia desa desa di bali juga berkembang menjadi desa wisata dengan ke unikan masing masing. Desa baha sekitar 4 kilometer sebelah timur pura Taman Ayun, di kenal dengan sistem pertanian subak. Suatu organisasi yang mengatur pembagian air untuk irigasi pertanian. Ke unukan lainnya adalah pintu masuk rumah masing masing keluarga yang seragam dengan kombinasi arsitektur bangunan tradisional  bali, sehingga dapat member kesan tersendiri bagi para wisatawan. Pura desanya di hiasi ukiran kuno. Selain objek wisata budaya yang berupa bangunan,di bali sangat terkenal dengan kesenian, yaitu kesenian seni lukis, seni tari, seni rupa, dan berbagai upacara adat atau upacara keagamaan. Seni tari antara lain, tari kecak, tari barong, tari legong, tari topeng, tari arja. Seni lukis meliputi seni lukis modern maupun tradisional. Seni rupanya seperti berbagai jenis patung dan hasil kerajinan, baik logam maupun dari non logam. sedang kan upacara adat nya antaa lain adalah upacara ngaben (pembakaran mayat), upacara piodolan,dan upacara potong gigi (metatah).

3.   Sarana dan prasarana
Faktor yang sangat penting dlam kegiatan pariwisata adalah sarana dan prasarana pendukungnya,sperti hotel, restauran, cafe, kolam renang, pusat souvenir dan sarana olah raga laga. Bali memiliki sarana dan prasarana yg lengkap.
Di sekitar pantai kuta banyak terdapat pulau berbagai kelas, hotel-hotel berbintang nan megah dengan fasilitas yang lengkap. selain itu juga banyak terdapat restauran, bar, penyewaan alat-alat surfing serta bengkel perbaikannya pun sudah tersedia.penginapan si sanur juga umumnya banyak menyediakan fasilitas AC dan kolam renang. Disini terdapat banyak restauran dan warung makan. untuk cendramata terdapat di pasar seni sukowati yang menyediakan kerajinan kerjinan khas bali yang dapat di jadikan oleh oleh sapta pesona.
Hal yang paling penting lagi adalah sapta pesona, yaitu aman, tertib, bersih, sejuk, indah, dan ramah. bali telah memiliki semuanya. untuk rasa aman bagi wisatawan, di bali pernah terjadi sebuah masalah yaitu kasus bom bali. Dan bali pun mulai berbenah diri untuk menjaga ke amanan dengan membuat peraturan, salah satunya dengan pemerikasaan identitas pada waktu masuk pulau bali.
Kesimpulan
Bali merupakan suatu daerah tujuan wisata andalan di Indonesia yang sangat terkenal di dunia. Maka hal ini karena bali merupakan objek wisata yang memiliki berbagai objek alam yang indah dan bervariasi. Keindahan alam di dukung oleh ke unikan budaya bali yang sangat erat dengan agama hindu. Kehidupan masyarakat bali sangat di pengaruhi oleh agama hindu, baik dalam kegiatan ke agamaan, ke masyarakatan, dan kesenian. Oleh karena itu bali memiliki ke unikan tersendiri sehingga dapat menarik para wisatawan.


Sumber :  Google

Tidak ada komentar:

Posting Komentar