Minggu, 09 Desember 2012

Hubungan Antara Manusia dengan Kebudayaan


HUBUNGAN ANTARA MANUSIA DENGAN KEBUDAYAAN

Hubungan anatara manusia dengan kebudayaan adalah: Manusia sebagai pelaku yang menjalankan dalam kehidupan sehari-hari sedangkan kebudayaan sebagai obyek yang dilakukan manusia setiap harinya. Manusia menjalankan kehidupan sehari-harinya tidak jauh dengan kebiasaan yang mereka lakukan dan kebiasaan itulah yang berasal dari kebuyaan sesuai dengan asala daerah mereka masing-masing.
Dalam sosiologi hubungan manusia dan kebudayaan disebut dengan dwitunggal, karena meskipun keduanya jauh berbeda tetapi mereka tetap satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan satu sama lainnya. Manusia lah yang menciptakan kebudayaan mereka masing-masing dan dengan kebudayaan itu juga hidup manusia lebih terarah. Tanpa kebudayaan manusia tidak akan memiliki kehidupan yang berwarna dan memiliki arti tersendiri setiap daerahnya.
Pada awalnya aturan tersebut dibuat sendiri oleh manusia dan  membuat ham patuh akan peratutan tersebut yang telah dibuatnya sendiri. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa antara manusia dengan kebudayaan itu sendiri tidak bisa saling dipisahkan / dilepaskan dalam kehidupan mereka. Karena dari kebudayaan itu lah merupakan cerminan sikap manusia itu sendiri. Yang mencakup dalam kebudayaan itu lah merupakan perwujudan dari manusia dan tidak akan jauh menyimpang dari apa yang mereka inginkan dan dari sini lah dapat dikatakan bahwa antara manusia dengan kebudayaan saling terkait satu sama lain. 

Ayoo menurut kalian sendiri bagaimana setelah kalian baca dan nyari materi ini.. Ini menurut aku :)   Apa menurut kalian ??  :)

Dikutip dari : http://abdirachmadi.blogspot.com/2012/03/hubungan-antara-manusia-dan-kebudayaan.html

1 komentar:

  1. hei kawan, karena kita ini mahasiswa gundar, tolong ya blognya di kasih link UG, seperti
    - www.gunadarma.ac.id
    - www.studentsite.gunadarma.ac.id dan lain lain
    karna link link tersebut mempengaruhui kriteria penilaian mata kuliah soft skill

    Selain itu, Yuk kita ikut lomba 10 kategori lomba khusus bagi mahasiswa Universitas Gunadarma. Edisi
    Desember2012 ini diperuntukan bagi mahasiswa S1 dan D3. Tersedia 100 pemenang, atau 10 pemenang
    untuk setiap kategori. link
    http://studentsite.gunadarma.ac.id/news/news.php?stateid=shownews&idn=755

    oh iya, kalian nggak mau ketinggalan kan untuk update terhadap berita studentsite dan baak , maka dari itu, yuk pasang RSS di Studentsite kalian.. untuk info lebih lanjut bagaimana cara memasang RSS , silahkan kunjungi link ini
    http://hanum.staff.gunad

    BalasHapus